PENGHEMAT BAHAN BAKAR
TOYOTA KIJANG INNOVA –
BROQUET FUEL CATALYST
CARA KERJA BROQUET
Meningkatkan
kecepatan suatu reaksi pada suhu tertentu tanpa di-transformasi, dengan
mengurangi energi yang diperlukan katalisator ini melakukan proses untuk
terjadinya reaksi sehingga bisa menghemat energi, waktu dan biaya. Terbuat dari
logam Platinum, Paladium,Rodium
Ruthenium, Au, Ag , dan sejenisnya
yang ditempatkan pada permukaan Alumunium Oksida yang tinggi. Logam mulia yang
sangat terkenal mahal didunia ini bertindak sebagai katalisator, untuk
memformulasikan dan menyegarkan kembali molekul2 bahan bakar kembali
berkualitas tinggi sehingga hasil pembakaran jadi lebih sempurna.
Injector/fuelpump/piston tidak akan cepat kena dan
bahan bakar tidak akan boros jika bahan bakar sudah disempurnakan/ ditingkatkan
kualitasnya.
Bahan bakar yang sudah disempurnakan/ ditingkatkan
kualitasnya ( baca: bensin RON88 dan solar biasa/ biosolar ) direkomendasi aman
dan bisa menghemat bahan bakar kendaraan mesin modern/ konvensional (bensin
atau diesel), berapapun rasio kompresinya. Atau dengan kata lain, pakai Broquet
sama halnya pakai bahan bakar alternatif dari bahan bakar kualitas rendah ke
bahan bakar kualitas tinggi, dan sudah jutaan kendaraan yang sudah pakai.
BAHAN BAKAR BERKULITAS TINGGI
MEMBUAT BERKENDARA JADI HEMAT DAN OTOMATIS MERAWAT MESIN.
Masih
banyak pengendara ditanah air kurang mengetahui kelemahan dan fungsi BBM,
padahal fungsi dan kelemahan BBM menempati posisi pertama dari pemborosan
konsumsi bahan bakar, baik bensin maupun solar.
BBM
adalah sesuatu yang kompleks, kebanyakan dari kita berpikir bahwa BBM seperti
bensin atau solar adalah suatu komoditas yang homogen, tanpa menyadari bahwa
bensin atau solar adalah suatu campuran
yang tidak sempurna atau uniform.
Sebagaimana
di beli di SPBU, bensin atau solar adalah suatu campuran yang terdiri dari sekitar
40 bentuk primer dan sekitar 1000 bentuk sekunder dari molekul hidrokarbon,
kalau BBM itu murni, maka hanya ada beberapa atau hanya satu bentuk molekul
saja. Bentuk molekul gas alam adalah sangat pendek dan ringan, sedangkan bentuk
molekul asphalt adalah sangat panjang dan berat. Namun demikian banyak
molekul-molekul ringan dan berat ini terdapat dalam BBM bensin dan diesel yang
dijual di SPBU.
Begitu halnya minyak diesel. Kualitas minyak diesel
sangat ditentukan oleh besar kecilnya angka Partikulate, Sulphur Content, dan
angka Cetane. Angka Partikulate untuk menilai tingkat kebersihan bahan bakar,
angka Sulphur Content untuk emisi kesehatan Catalytic Converter, dan angka
Cetane berkaitan dengan kemampuan bahan bakar terhadap putaran mesin yang tinggi.
Terkait hal
tersebut diatas, Direktorat Minyak Dan Gas Bumi melalui Surat Keputusannya No:
3675 K/ 24/ DJM/ 2006 tentang Standar Dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak
Jenis Minyak Solar Yang Dipasarkan Dalam Negeri . Berikut standar dan mutu yang
telah ditetapkan:
-
Kadar Partikulat maksimal 10 Mg/l
-
Kadar Sulphur maksimal 0,35% m/m
-
Angka Setana/ Index minimal 52/ 45
Dan Jasa Laboratorium Kalibrasi PT. PETROLAB Service (
Laboratorium ini sudah teruji kompetensinya karena telah mendapatkan Sertifikat
ISO 17025:2005 yang dikeluarkan Lembaga Akreditasi Nasional – LAN Indonesia )
telah mendapatkan Hasil Uji/ pembuktian lewat tes laboratorium “Tentang
Kualitas Berbagai Merk Minyak Diesel” yang beredar di Indonesia. Berikut
datanya:
-
Kadar Partikulat – BIOSOLAR 24 Mg/l
-
Kadar Partikulat – PERTAMINADEX 3,5 Mg/l
-
Kadar Sulphur – BIOSOLAR 0,21%
-
Kadar Sulphur – PERTAMINADEX 0,11%
-
Angka Setana/ Index – BIOSOLAR 49
-
Angka Setana/ Index – PERTAMINADEX 48,5
Terkandung maksud tersebut diatas, mesin tekanan
tinggi (15,0:1 sampai 25,0:1) seperti kendaraan mesin diesel Commonrail HARUS
PAKAI JENIS SOLAR PERFORMA TINGGI SEPERTI PERTAMINADEX.Hal ini cukup beralasan
karena sistem Commonrail adalah sebuah tube bercabang dengan katup injektor
yang dikendalikan oleh komputer, dimana masing-masing tube tersebut terdiri
atas nozzle mekanis yang sangat presisi dan sebuah plunger yang dikendalikan
oleh solenoid dan actuator piezoelectric.
Perihal
pengilangan BBM, dimana BBM diproduksi dengan proses penyulingan dari minyak
mentah tidak dapat membuang semua molekul-molekul berkinerja buruk untuk
menghasilkan BBM yang lebih ideal. Sebagai tambahan, sekali BBM meninggalkan
kilang atau disimpan, BBM akan terserang Oxigen, Ozon dan Mikroorganisme
(bakteri, ragi dan jamur) yang tumbuh didalam BBM. Semua proses ini akan menurunkan kualitas
(degradasi) BBM dan menghasilkan produk yang lebih buruk yang mencegah mesin
berkinerja pada tingkat yang optimal. BBM buruk ini tidak terbakar sempurna
didalam mesin dan tidak mengahasilkan energi potensial yang maksimal. Beberapa molekul di antaranya membentuk
timbunan karbon dan gum dan yang lain tidak terbakar sempurna, membawa
hidrokarbon yang tidak terbakar kedalam saluran gas buang. Lama kelamaan mesin
akan mengalami masalah yang diakibatkan oleh BBM yang tidak optimal tadi,
termasuk gum dan gangguan pada sistem saluran bahan bakar serta timbunan jelaga
pada ruang pembakaran dan sistem gas buang.
Ini adalah
salah satu alasan mengapa kendaraan kendaraan masa kini memerlukan katalisator
konvertor untuk mengurangi emisi gas beracun. Gas-gas beracun Hidrokarbon yang
tidak terbakar (UHC) dan karbon Monoksida (CO) tidak akan timbul kalau konversi
energi didalam mesin berjalan sempurna. Katalisator konvertor pada sistem
pembuangan, menyediakan lingkungan untuk reaksi kimia dimana Hidrokarbon yang
tidak terbakar didalam mesin, dibakar ulang dengan sempurna. Demikianlah proses
pembakaran ulang ini berjalan terus. Tapi
hal ini berlangsung diluar ruang pembakaran mesin atau kejadian setelah BBM
terbakar, dimana tidak ada energi bermanfaat yang dihasilkan untuk performa
tenaga dan akselerasi mesin.
Oleh
karenanya, sebelum BBM masuk keruang bakar mesin, kelemahan-kelemahan dari BBM
yang dimaksud harus disempurnakan terlebih dahulu sehingga hasil pembakaran BBM
jadi sempurna. Ini yang membuat konsumsi BBM jadi hemat dan sekaligus sparepart
mesin tetap awet. Di Indonesia, alat penyempurna kualitas BBM tersebut bernama Broquet Fuel Catalyst. Dengan
disempurnakan BBM sebelum masuk ke ruang bakar mesin, otomatis bensin yang RON88
dapat dipakai dimesin yang ber-rasio kompresi tinggi sekalipun. Begitu juga
pada mesin diesel, yang seharusnya pakai jenis minyak diesel performa tinggi
bisa pakai jenis minyak diesel performa rendah seperti Biosolar.
REFERENSI BROQUET
Di Indonesia,
berbagai prestasi/referensi/ rekomendasi tentang produk Broquet™ Fuel Catalyst,
seperti :
·
Gabungan Industri
Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO)
·
BS EN ISO 9001: 2000/ ISO 9001 REGISTERED FIRM
·
Pajero Owner Community – POC Indonesia
·
PT. PERTAMINA – AVIATION REGION III
·
AVANZA XENIA INDONESIA CLUB
·
PT. Citra Media Nusa Purnama
·
MEDIA INDONESIA Transportation
·
Indonesia International Motor Show
·
PARADE JAZZ NASIONAL 2008
·
PT. MEDIA TELEVISI INDONESIA (METRO TV)
·
PT. HYUNDAI MOBIL INDONESIA
·
PRABU MOTOR Authorized Mitsubishi Dealer
·
P2M Departemen Tehnik Mesin - Universitas Indonesia
·
DASTEK - Rev Enginering Dynamo Meters Report
·
Dan masih banyak referensi/rekomendasi produk lainnya
HARGA BROQUET:
·
Kendaraan
Dibawah 2000cc
-
Low Performa Rp. 3.500.000,-
-
Middle Performa Rp. 5.500.000,-
-
High Performa Rp. 6.500.000,-
·
Kendaraan
Diatas 2000cc
-
Low Performa Rp. 6.000.000,-
-
Middle Performa Rp. 8.000.000,-
-
High Performa Rp. 9.000.000,-
MEDIA
KONSULTASI GRATIS
TENTANG
MENGHEMAT BAHAN BAKAR & MERAWAT MESIN
Teguh Ariwibowo-Pt. Broquet Indonesia
Graha SPBU PERTAMINA Boulevard Barat 6
Jakarta 14205 Indonesia
Telp./fax: 02145879044 Pin BB 2AE89D79 Mobile
081399160008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar